Menata Kembali Karakter Siswa Di Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas


Oleh : Dr. Rois Abdul Fatah, ST., M.M. (Guru Matematika)

Jauh sebelum pandemi melanda pendidikan di indonesia pemerintah telah menggaungkan program pendidikan karakter, pendidikan karakter di sinyalir dapat menjadi salah satu sarana pembudayaan dan pemanusiaan sebagaimana yang telah di kemukakan oleh oleh Chou, Tu and dan Huang (2013)  Morality and character is one of the most important tenets of education within the Confucianism context”. Pendidikan karakter adalah sebuah proses pembentukan mental siswa agar sesuai dengan nilai-nilai luhur. Siswa pada tataran praktis melakukan praktek-praktek yang sesuai dengan nilai karakter kebangsaan dan secara filosofi diarahkan untuk memahami esensi dari nilai tersebut sesuai dengan konteks kehidupan sosialnya. Peran pendidikan karakter bukan saja bersifat integratif dalam arti mengukuhkan moral intelektual peserta didik, melainkan juga bersifat kuratif baik secara personal maupun sosial yakni bisa menjadi salah satu sarana penyembuh penyakit sosial (Koesoema, 2010:116).

Advertisement


Setelah sekian lama pembelajaran dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dari berbagai penelitian menunjukan adanya kontradiktif dengan pencapaian tujuan pendidikan karakter, malah di khawatirkan adanya degradasi karakter siswa akibat pembelajaran jarak jauh yang notabene sangat sulit dalam pengelolaan pendidikan karakter akibat dari keterbatasan dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka.

Guna mencapai tujuan pendidikan karakter sesuai dengan tujuan undang-undang setelah pembelajaran jarak jauh maka pengelolaan pendidikan baik input, proses serta outputnya harus mengacu pada sistem tata kelola yang mengedepankan jaminan pencapaian tujuan yang berkelanjutan.  Setiap praktek dan prinsip penyelenggaraan pendidikan karakter sebagai salah satu upaya sistematis menjaga agar proses pendidikan memiliki kualitas dan mengarah pada tujuan.

Advertisement



Penyelenggaraan pendidikan karakter di sekolah harus berpijak kepada nilai-nilai karakter dasar, yang selanjutnya dikembangkan menjadi nilai-nilai yang lebih tinggi sesuai dengan kebutuhan, kondisi, dan lingkungan sekolah itu sendiri. Beberapa nilai karakter dasar tersebut adalah: karakter religius, karakter integritas, karakter nasionalisme, karakter kemandirian dan gotong royong.

Sebagai mana yang telah di umumkan oleh Pemerintah dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Agama (Menag) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 yang intinya bahwa setelah pendidik dan tenaga kependidikan di satuan pendidikan divaksinasi Covid-19 secara lengkap, pemerintah pusat, pemerintah daerah, kantor wilayah (kanwil), atau kantor Kementerian Agama (Kemenag) mewajibkan satuan pendidikan untuk menyediakan layanan pembelajaran tatap muka terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan pembelajaran jarak jauh.

Lalu bagaimana pengelolan pendidikan karakter di masa transisi atau masa pembelajaran tatap muka terbatas?, tentu harus ada pengelolan manajemen yang baik mengenai pendidikan karakter, sekolah harus memiliki pedoman implementasi untuk membuat pendidikan lebih terorganisir dan berencana serta evaluasi harus dilakukan secara berkelanjutan. Keberhasilan proses pendidikan tidak terlepas dari bagaimana proses perencanaan, implementasi serta kebijakan penunjang yang dilakukan secara berkesinambungan terhadap sistem pembelajaran yang tepat.

Advertisement



Pemerintah mengerti betul bahwa pendidikan merupakan investasi penting untuk bangsa indonesia, dengan pendidikan indonesia akan lebih maju menuju indonesia emas. Untuk itu sangatlah tepat pemerintah memutuskan untuk melakukan pembelajaran tatap muka secara terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Dalam pelaksanaannya satuan pendidikan harus memberikan edukasi penerapan protokol kesehatan sebagai upaya membangun budaya disiplin karena kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan adalah kunci keberhasilan pembelajaran tatap muka secara terbatas.


ingin mendaftar ke Al Masoem dan menjadi siswa berprestasi?? Daftar Di sini

bingung bagaimana cara mendaftar Ke Al Masoem?? Klik Di sini

Informasi lebih lanjut Hubungi saja :

  • 0811224337 (Ayi Miraz)
  • 081122700227 (Humas/Kantor)
  • 08112194421 ( Sri Hanipah )
Diberdayakan oleh Blogger.